Columns by

* Tjan Sie Tek

* Bayu S. *Rahmat

*Safriyansah *Yanto Koh

 

 
 

 
 

  careers    education   economy   finance 

  news     peluang usaha    sworn translators

 

 
           
           
       

 

Bimbingan Usaha

oleh Tjan Sie Tek, M.Sc.

CEO Center for New Indonesia, Business Mentor

info@lijusunews.com; iklan@lijusunews.com

Memulai usaha adalah salah satu perbuatan yang berisiko atau berbahaya.

Oleh Tjan Sie Tek, 29 Maret 2019

Contoh keyakinan yang berlebihan tentang usaha baru

Sebagian besar usaha baru gagal. Ketika 2.994 orang pemilik usaha yang baru ditanya tentang peluang sukses mereka, mereka berpikir bahwa mereka memiliki peluang sukses 70%. Tetapi, hanya 39% berpikir bahwa setiap usaha seperti usaha mereka akan sesukses yang mereka. Mengapa para pemilik usaha yang baru berpikir bahwa mereka memiliki peluang sukses hampir 2X peluang sukses orang lain? Mereka terlalu yakin pada diri sendiri. [Sumber : John R. Nofsinger, The Psychology of Investing, (2002), mengutip dari Journal of Business Venturing 3(1988): 97-108)]

Belajar dari:

Kongsi Indonesia & China, penentu harga

nikel & baterai mobil listrik

Buah kerja sama Pemerintah Pusat, Pemda & Masyarakat Morowali, Sulawesi Tengah, CDB, Bintang Delapan Group, Tsingshan Holding Group dkk

Oleh Tjan Sie Tek, 25 Maret 2019

Kita tahu bahwa nikel adalah salah satu komponen penting produksi stainless steel (baja nirkarat) dan sekarang juga merupakan bahan utama baterai mobil listrik.

Nickel pig iron (NPI) adalah feronikel mutu rendah sebagai salah satu alternative yang lebih murah untuk produksi baja nirkarat. NPI dibuat dengan memakai bijih nikel laterit sebagai pengganti nikel murni yang dijual di pasar sedunia. Ketika digabungkan dengan kokas, bijih nikel menjadi nickel pig iron (NPI). NPI sudah dibuat sekitar 100 tahun lamanya.

A. Indonesia punya 45% dari cadangan nikel sedunia

Saat ini diketahui bahwa Indonesia memiliki 45% dari jumlah cadangan nikel sedunia.

Foto: IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah, Inovator & Penentu Harga Nikel & Baterai Mobil Listrik Dunia

Selebihnya

Bimbingan Usaha & Karir: Jangan sembarang pecat bawahan

Oleh Tjan Sie Tek, CEO Center for New Indonesia, Business & Career Development Mentor, 13 Januari 2019

Bekerja bersama-sama dengan rekan kerja yang lain untuk pemilik perusahaan berarti kesempatan emas untuk membantu mencerahkan dan memakmurkan semua rekan kerja, pemilik perusahaan dan bangsa.

Selebihnya.

Belajar Cara Hidup & Bisnis Unik dari Steve Jobs, mantan pendiri & CEO Apple Computer & Pixar Animation Studios, AS

oleh Safriansyah, diambil dari pidato Steve Jobs di acara wisuda Universitas Stanford, AS, 12 Juni 2005 , Fortune 5 September 2005

Steve Jobs DO dari Reed College setelah semester pertama tetapi tetap ikut mengikuti mata-mata kuliah yang ia sukai dengan status drop-in (mampir mendadak) selama sekitar 18 bulan sebelum benar-benar keluar.

Latar belakang & penyebab DO menurut perkataan Steve Jobs sendiri:

Ibu kandung saya adalah mahasiswi S2 muda yang hamil di luar nikah.  Ibu saya bertekad bahwa saya harus diadopsi oleh lulusan universitas. Maka, saya pun diperjanjikan untuk dipungut anak sejak lahir oleh  seorang pengacara dan isterinya. Sayangnya, begitu saya lahir, tiba-tiba mereka berubah pikiran karena mereka sebenarnya ingin bayi perempuan. Maka, orangtua saya yang sekarang, yang pada saat itu ada di daftar tunggu, mendapatkan telepon di tengah malam dari seseorang yang bertanya,” Kami punya bayi laki-laki yang tidak diperkirakan. Apakah anda berminat?” Mereka menjawab,”Tentu saja.” Lalu, ibu kandung saya mengetahui bahwa ibu angkat saya tidak pernah lulus kuliah dan ayah angkat saya bahkan belum tamat SMU. Dia menolak menandatangani dokumen-dokumen adopsi yang final. Sikapnya baru melunak beberapa bulan kemudian setelah orangtua saya “berjanji akan menyekolahkan saya sampai perguruan tinggi.”

Tujuh belas tahun kemudian saya betul-betul kuliah. Tapi, dengan naifnya saya memilih universitas yang hampir sama mahalnya dengan Stanford sehingga seluruh tabungan ortu saya yang hanya pegawai rendahan habis untuk biaya kuliah. Setelah enam bulan, saya tidak merasakan manfaatnya. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan dalam hidup saya dan bagaimana kuliah akan membantu saya menemukannya. Pada saat itu saya sudah menghabiskan semua uang yang dikumpulkan oleh ortu saya seumur hidup mereka. Maka, saya pun memutuskan berhenti kuliah dan percaya bahwa keadaan akan menjadi baik-baik. Saat itu rasanya sangat menakutkan, tetapi, setelah mengingatnya, itu  adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah saya buat. Begitu DO, saya langsung dapat berhenti mengambil kelas-kelas wajib yang tidak menarik minat saya dan saya drop-in di perkuliahan yang kelihatan menarik.

Semua masa itu tidak romantis. Saya tidak punya kamar mes sehingga numpang tidur di lantai kamar teman-teman saya. Saya mengembalikan botol Coca-Cola agar mendapatkan uang-uang jaminan senilai 5 sen untuk membeli makanan dan saya berjalan tujuh mil melintasi kota setiap Minggu malam untuk mendapatkan satu makanan enak di kuil Hare Krishna. Saya menyukainya. Banyak di antara yang saya temukan secara tidak sengaja saat itu, karena mengikuti rasa ingin tahu dan intuisi, ternyata kemudian sangat berharga. Ijinkan saya memberi anda satu contoh.

 Reed College mungkin waktu itu adalah yang terbaik di AS dalam hal kaligrafi. Di seluruh penjuru kampus, setiap poster dan setiap label di setiap laci dikerjakan  dalam bentuk kaligrafi tangan  yang indahnya.  Karena sudah DO dan saya tidak harus mengikuti perkuliahan normal, saya memutuskan untuk belajar melakukannya. Saya belajar tentang jenis-jenis huruf serif dan sans serif, mengubah-ubah luasnya spasi di antara berbagai macam kombinasi hutuf, tentang kiat membuat tipografi yang hebat menjadi hebat. Kaligrafi indahan, bersejarah dan berseni sedmikian rupa sehingga tidak dapat ditangkap oleh sains. Saya merasakannya menakjubkan.

Saat itu semuanya itu sama sekali tidak ada harapan pemanfaatan kaligrafi dalam kehidupan saya. Tapi, sepuluh tahun kemudian, ketika kami mendesain komputer MacIntosh yang pertama, semua itu teringat kembali oleh saya dan kami merancang semuanya itu menjadi Mac. Mac adalah komputer pertama yang bertipografi cantik. Seandainya saya tidak drop-in di kuliah satu-satunya di kampus itu, Mac tidak akan pernah memiliki banyak huruf atau font yang berjarak sebanding/proporsional.  Karena Windows sekedar mencontoh Mac, mungkin tidak satu PC pun akan memiliknya. Andaikan saya tidak pernah DO, saya tidak akan pernah drop-in di kelas kaligrafi itu dan PC mungkin tidak memiliki tipografi menakjubkan yang PC miliki sekarang.  Tentu saja tidak mungkin merangkai kejadian-kejadian penting itu sewaktu saya masih kuliah. Tapi, keadaan sangat, sangat jelas ketika mengenangnya 10 tahun kemudian.

Sekali lagi, anda tidak dapat menghubungkan ketiga kejadian itu dengan memperkirakannya melainkan secara mengenangnya. Jadi, anda harus percaya bahwa peristiwa-peristiwa itu akan agak nyambung di masa depan anda.  Anda harus percaya pada sesuatu – keberanian/ketekunan, nasib, kehidupan, karma, atau apa pun yang lain. Cara itu tidak pernah menjatuhkan semangat saya dan telah menciptakan semua perdedaan yang ada dalam hidup saya.

Cerita kedua saya adalah tentang cinta dan kehilangan. Saya beruntung karena saya menemukan apa yang saya ingin lakukan pada awal kehidupan saya. Woz (Steve Wozniak, salah seorang partner Steve Jobs) dan saya memulai Apple di garasi ortu saya ketika saya berusia 20 tahun. Kami bekerja keras dan dalam 10 tahun Apple telah tumbuh dari hanya kami berdua di dalam sebuah garasi menjadi sebuah perusahaan yang bernilai USD 2 miliar (tahun 2005, sekarang sekitar USD 700 miliar) dengan lebih dari 4.000 orang pegawai (sekarang hampir 140.000 orang). (SFR)

 

Pengalaman Pribadi 1:

Perbuatan Baik berbuah diskon khusus, rekomendasi khusus dll

Oleh Tjan Sie Tek, M.Sc.

A. Dapet diskon khusus waktu service laptop

Dua minggu lalu, pemilik tempat service laptop bilang:" Saya mau berteman dengan anda. Waktu pertama kali saya perhatikan,

saya yakin anda orang baik dan saya karena itu saya kasih diskon besar. Kalau ada waktu, tolong jawab pertanyaan saya:"

Mengapa anda bisa tetap sebagai orang baik di Jakarta yang sangar ini?"

Jawab:" Kebaikan pasti berbuah kebaikan. Contoh: Bapak sendiri sudah kasih diskon besar ke saya."

B. Dapet rekomendasi yang super istimewa  

Beberapa bulan lalu, para pejabat tinggi bilang:" Kami kasih rekomendasi yang super istimewa dan satu-satunya di Indonesia ini

kepada anda karena kami suka dengan kejujuran dan keramahan anda. Kalau bos-bos anda yang datang, kami akan tolak."

Tidak sepeser pun uang berpindah tangan padahal rekomendasi itu sangat istimewa, diproses hampir 5 bulan karena harus disetujui oleh banyak instansi dan rekomendasi itu satu-satunya  di negeri ini selama hampir 25 tahun terakhir ini untuk bisnis yang bersangkutan.

C. Pemarah dan pembenci menjadi ramah dan pemaaf setelah dinasihati plus diberi contoh nyata oleh orang yang tulus  

Seseorang yang terkenal pemarah dan pembenci serta kaya berkata:" Karena melihat kejujuran anda dan mendapat nasihat anda yang kelihatan begitu tulus dan tanpa tujuan apa pun, mulai sekarang saya akan jadi orang yang sabar dan pemaaf. Padahal saya ini pemarah dan gampang benci orang lain selama hampir 25 tahun ini."

Sekarang ia hidup harmonis dengan keluarga besarnya. 

D. Mantan big boss mau kasih peluang bisnis besar karena percaya 10.000%

Dia bilang:" Karena kamu demikian jujur dan bersih, saya percaya 10.000% padamu dan saya tawarkan peluang bisnis ini kepadamu supaya kita tetap berteman seumur hidup walaupun kamu sudah mundur dari perusahaan kita."

E. Dipercaya sebagai pemimpin misi 

Dalam banyak rapat, banyak peserta bilang:" Kami ingin dipimpin oleh anda karena anda orang baik dan jujur. Misi kita pasti akan tercapai."

F. Dapat bayaran 100% di muka dari customer baru tanpa diminta

Minggu lalu seorang customer yang baru pertama kali datang langsung memesan barang. Lalu, dia transfer bayaran 100% di muka

tanpa diminta. Ternyata transfernya bahkan lebih Rp 1 jt. Kelebihan itu langsung dikembalikan oleh kami pada hari itu juga. Kemudian, sang customer menelepon:" Anda ini orang yang luar biasa jujur. Jarang ada orang seperti anda. Pantesan saya langsung percaya pada anda." 

G. Dapat DP luar biasa besar dari customer baru 

Sang direktur berkata:" Komisaris saya tidak mau kasih DP yang sangat besar ini ke anda tanpa jaminan karena kami semua baru kenal anda. Sayalah yang menjamin bahwa kalau anda kabur, saya yang harus kembalikan DP ini. Saya berani menanggung risiko ini karena saya yakin anda orang jujur dan tidak akan kabur."

Sekarang keduanya berteman akrab secara keluarga.

H. Banyak lagi buah dari perbuatan baik.

 

Contoh Kreativitas Wiraswasta yang Ekstrim

oleh Tjan Sie Tek, 19 Februari 2019

(dikutip dari: Cara-Cara meningkatkan Kreativitas dan Inovasi oleh Tjan Sie Tek)

Di Jataka, ada cerita tentang seorang pemuda miskin yang kreatif. Suatu hari dia secara tidak sengaja mendengar percakapan di antara bendahara kerajaan dan temannya sambil berjalan. Si bendahara melihat bangkai sesekor tikus dan berkata," Seseorang yang punya akal dan mampu memakainya dapat mencetak uang dengan bangkai tikus."

Sang pemuda terinspirasi lalu mengambil bangkai itu dan menjualnya kepada seorang pemilik kedai sebagai makanan kucingnya. Dia mendapatkan sekeping uang. Lalu, dengan uang itu dia membeli sebuah teko, sejumlah sirop gula tebu dan mencampurnya dengan air. Lalu, dia menawarkan minuman penyegar itu kepada sekelompok pengumpul bunga yang masing-masing membayarnya dengan segenggam bunga. Dia melakukan hal yang sama setiap hari sampai modalnya menjadi 8 kali. Suatu hari, datang angin ribut dan batang pohon serta dedaunan berserakan di taman-taman kerajaan. Dia menawarkan diri kepada pemelihara taman untuk menyingkirkan semua batang dan dedaunan itu jika gratis. Tentu saja, si pemelihara setuju. Si pemuda minta bantuan sejumlah anak kecil untuk memindahkan semua itu ke pintu gerbang istana dengan bayaran minuman yang dibuatnya itu. Dia berhasil menjualnya kepada pembuat tembikar sebagai bahan bakar tembikar dan modalnya berlipat dua.

Kemudian dia membeli teko besar dan banyak sekali teko kecil sebagai gelas. Dia menawarkan semuanya itu gratis kepada para pemotong rumput. Suatu hari dia mendengar dari seorang pedagang bahwa hari esoknya seorang pedagang kuda akan tiba di kota mereka dengan 500 ekor kuda.

Si pemuda mengatur dengan para pemotong rumput itu agar esoknya mereka memberi mereka sebundel rumput dan tidak menjual rumput mereka sebelum si pemuda habis menjual rumput bagiannya itu. Jelas si pedagang kuda harus membeli semua rumput si pemuda dengan harga tinggi. Modal si pemuda  menjadi 1.000 keping. Singkat cerita, dia bertambah kaya dan akhirnya menikahi putri seorang pedagang kaya dan hidup bahagia setelah itu.

Kesimpulan: Si pemuda percaya diri, mampu melihat kesempatan dan cepat menangkap peluang. Itulah sifat-sifat yang diperlukan untuk sukses sebuah perusahaan.

Kisah itu terjadi di jaman dahulu kala tetapi sampai sekarang strategi-strategi si pemuda diajarkan di program-program MBA!!!

Terencana atau melalui perenungan

Contoh yang Ekstrim

Dalam keterampilan penjualan, ada contoh bahwa seorang penjual (salesman) dinobatkan sebagai yang terbaik karena berhasil menjual dua buah mesin penyadap susu sapi kepada seorang peternak sapi yang memiliki hanya seekor sapi dan membawa sapi itu sebagai bayarannya!!!

 

  A. Nasihat

1. 1. Mudah membuka sebuah

     usaha  baru,  tetapi   sangat sulit   

    mempertahankannya,   apalagi menjadikannya

    untung.

 2. Jangan buka restoran di hutan.     Konghucu

 3. Jangan buka toko jika tidak murah  senyum.

 4. Kunci sukses di bisnis   restoran ada di bumbunya.     Lie Djoe Soe

 5. Pengusaha sejati adalah yang mampu  bangkit lagi   walaupun sudah jatuh 7 kali.

     6. Pengusaha memilih menjadi kepala ayam  daripada ekor  gajah

   7. Pengusaha & Pegawai berperan besar kurangi  kemiskinan. Tjan Sie Tek  

   8. Tiga syarat utama untuk sukses besar: berani, perintis & inovatif.

 

    9. "Setiap hari adalah salah satu harta. Jadi, hargai setiap hari."

         Steve Jobs

    10. Bagi inovator, hama pun bisa diubah menjadi  berlian.   Peter F. Drucker

   11. Jangan buka usaha untuk ditutup. Tjan Sie Tek

 B. Pentingnya Bimbingan

      Usaha

    1. Risiko Berdagang Saham

  tanpa Pengetahuan yang   

  semestinya

 

If you have built castles in the air, your work

 

need not be lost; it is where they should be.

 

Now put the foundations under them.

 

HENRY DAVID THOREAU, WALDEN

 


Prophesy as much as you like, but always

 

hedge. OLIVER WENDELL HOLMES
 


 

Despite its scientific pretensions, economics still

 

remains more of an art than a science.

 

                                 ROBERT KUTTNER

 

   

  2. Hati-hati dengan Tawaran

 

     

     Kredit, BG dan L/C LN

 

 

3. Perlu pembimbing untuk

       kembangkan usaha

 

  Petani berpengalaman  tahu mana pohon padi yang sehat

Kisah nyata:

> Hampir pailit: Seorang pengusaha yang sukses besar   dalam membuat produk  secara manual  hampir pailit ketika  memoderenkan pabriknya.

13 13 Januari 2019

  Sangat dianjurkan kepada setiap pengusaha yang sukses dalam bisnis dengan membuat produknya secara manual untuk mengembangkannya menjadi bisnis yang pabriknya moderen: mesin dan proses produksi yang otomatis dll. Tetapi, modernisasi makan biaya besar sekali dan biasanya melebihi kemampuannya sendiri secara keuangan, teknologi maupun pengelolaan. Hal yang mirip juga terjadi kepada sejumlah pengusaha yang biasanya menghasilkan produk primer (mentah), lalu masuk ke idnustri  sekunder, yang biasanya mengolah produk primernya sendiri. Sejumlah pengusaha produk primer sukses naik kelas dengan mengambil mitra yang kuat dalam bidang teknologi, pemasaran maupun keuangan.

 Hampir pailit karena memoderenkan pabriknya tanpa turn-key contract

Beberapa tahun lalu seorang teman saya bercerita bahwa ia sedang memoderenkan pabriknya dengan membeli lahan baru, membangun pabrik baru dan mengimpor mesin-mesin dari beberapa buah negeri. Sekitar dua tahun kemudian ia terlihat sibuk menjual segala macam asetnya untuk membayar utang kepada bank dan perusahaan leasing sehingga tidak punya waktu untuk ngobrol dengan kami. Akhirnya ia bercerita bahwa:

1. Semua mesin produksi dan kelengkapannya tidak mencapai target produksi untuk menutupi biaya operasional dan bunga bank dll.

2. Untuk mencapai 70-80% dari titik impas biaya operasi saja, dia harus menambah aneka perlengkapan, pipa dll, yang mayoritas harus diimpor dan nilainya hampir 50% dari proyeksi investasi mesin;

3. Semua itu terjadi karena kesalahan besarnya: ia tidak memakai jasa pembimbing usaha, yaitu orang berpengalaman & berpengetahuan yang akan menasihatinya untuk membuat kontrak turn-key, yaitu kontrak pembangunan pabrik dll dengan pembayaran hanya sesudah pabrik dll itu selesai dibangun dan siap beroperasi komersial (commissioning). Yang teman kita lakukan adalah dia pergi ke sana-ke mari untuk cari pengetahuan dll dan membeli semua mesin maupun peralatan produksinya tanpa kontrak itu.

 

Kisah nyata yang sebaliknya: Berkah dari bimbingan usaha

Sekitar 12 tahun tahun lalu, seorang pengusaha muda beruntung bertemu dengan seorang staf saya sebelum melakukan yang sama seperti teman saya di atas itu, yaitu membangun pabrik minuman ringan tanpa kontrak tersebut.

Dia menelepon saya lalu kami berjumpa. Pada waktu itu dia sudah ke pabrik mesin dan peralatannya di luar negeri dan hampir membuat kontrak pembeliannya dan membayar DP-DPnya. Dia mendapatkan tawaran yang sangat menarik dari beberapa pabrik mesin proses minuman ringan.

Saya meenganjurkannya untuk mengubah draft kontrak-kontraknya menjadi satu saja: turn-key contract dengan pembayaran melalui bank garansi dari bank yang bonafid. Biaya pembangunannya sampai commissioning naik sekitar 20%, tetapi saya bilang: Ini murah dan aman. Selama anda bisa membayarnya, lakukan saja karena pasar sudah tersedia, punya banyak customer, punya merek yang cukup mapan dll.

Dia setuju. Saya mendengar dari staf saya bahwa kontraktornya, yang ditunjuk oleh pabrik mesinnya, hampir pailit karena salah hitung harga dan banyak kesulitan untuk mencapai commissioning dan target produksi komersial yang sesuai dengan kontrak turn-key di atas. Kontrakor itu minta eskalasi harga kontrak. Pengusaha kita itu setuju menaikkannya sebesar 10% saja. Sang kontraktor tidak setuju dan akhirnya pabrik tidak jadi dibangun. Sang kontraktor menjual mesin-mesinnya secara eceran.

Sang pengusaha kita bernapas lega karena dia tidak membayar apa-apa, hanya rugi waktu dan sejumlah biaya perjalanan ke luar negeri dll, tetapi mendapatkan sejumlah bangunan permanen di atas lahannya sendiri yang ia bayar murah saja kepada kontraktor yang gagal itu.

Ada sejumlah kisah nyata lainnya untuk artikel di hari kemudian.

Semoga bermanfaat. Silakan share dengan semua teman yang lain.

 

> Pailit karena berdagang saham tanpa pengetahuan yang semestinya

  C. Pengembangan  Potensi Diri  

 1. Pentingnya Spesialisasi bagi Bangsa,  Perusahaan, Individu dll

2. Latihan Konsentrasi Pikiran mengubah Arsitektur Otak dan Perilaku kita: untuk Eksekutif, Ilmuwan, Politisi, Pelajar, Guru  dll

   D. Pengembangan Usaha

   1. Inspirasi Bisnis (1): Modal China, Teknologi AS  & Jepang 

   2. Kunci Sukses Bisnis Orang 

      Jepang (1):  No Misu  

 

3.Membeli Kebun Sawit (1):     

   Yang perlu diperhatikan


e. 

     E. Special Advisory:

A. Konsultan Ekonomi & Keuangan

B. Business Startup & Expansion

C. Mergers & Acquisitions (M&A) in   the Oil    Plantation & Offshore Tin Mining   Areas

      F. Business Link & Match

 

Tel.: 6221 527 6559

HP & WA:

0813 8667 6868

 e-mail: info@lijusunews.com

 

 

 

 Back to top

 

Health

 

 Travel

 

About us

 

 

 

 

 

 

 
 
 
 
 

 

Copyright (c) @ 2019 www.lijusu.com All rights reserved.

Design by Company Webmaster