Columns by

*Tjan Sie Tek

*Bayu S. *Rahmat

*Safriyansah *Yanto Koh

 

 

 
 
           

 

education

 

careers 

 

bimbingan

usaha

 

 

economy

 

health

 

peluang

usaha

 

finance

 

interviews

 

news

 

science-

tech

 

sworn

translators

 

translators

training

 
 

      

Ekonomi

Kongsi Indonesia & China, penentu harga

nikel & baterai mobil listrik sedunia

Buah kerja sama Pemerintah Pusat, Pemda & Masyarakat Morowali, Sulawesi Tengah, CDB, Bintang Delapan Group, Tsingshan Holding Group dkk

Oleh Tjan Sie Tek, 25 Maret 2019

Kita tahu bahwa nikel adalah salah satu komponen penting produksi stainless steel (baja nirkarat) dan sekarang juga merupakan bahan utama baterai mobil listrik.

Nickel pig iron (NPI) adalah feronikel mutu rendah sebagai salah satu alternative yang lebih murah untuk produksi baja nirkarat. NPI dibuat dengan memakai bijih nikel laterit sebagai pengganti nikel murni yang dijual di pasar sedunia. Ketika digabungkan dengan kokas, bijih nikel menjadi nickel pig iron (NPI). NPI sudah dibuat sekitar 100 tahun lamanya.

A. Indonesia punya 45% dari cadangan nikel sedunia

Saat ini diketahui bahwa Indonesia memiliki 45% dari jumlah cadangan nikel sedunia. Sebagian besar cadangan itu ada di Sulawesi, antara lain Provinsi Sulawesi Tengah, yang mencakup Kabupaten Morowali, lokasi Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), yang saat ini disebut sebagai kompleks industri stainless steel (baja nirkarat) yang terbesar di dunia.

Foto: IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah, Inovator & Penentu Harga Nikel & Baterai Mobil Listrik Dunia

Selebihnya

Aramco & China patungan IDR 149,72 triliun di Liaoning, China

Oleh Indra S.T., 25 Maret 2019

Pada 23 Maret 2019, Yicai Global melaporkan bahwa Aramco, BUMN raksasa minyak dari Arab Saudi yang memiliki cadangan minyak terbesar di dunia dengan produksi sekitar 10 juta barel per hari, telah membentuk sebuah kongsi senilai IDR 149,72 triliun di Kota Panjing, Provinsi Liaoning, China, dengan dua mitra local untuk membangun sebuah pabrik kimia yang baru di wilayah bagian timur laut China itu.

 

(Foto: Shenyang, ibukota Provinsi Liaoning, China, sumber: wikipedia)

Menurut Bloomberg pada 13 April 2018, selama semester pertama 2017 Aramco adalah perusahaan yang paling untung sedunia, yaitu USD 33,8 miliar, mengalahkan Apple Inc., JPMorgan Chase & Co. dan Exxon Mobil Corp, dari AS. Aramco juga hampir total bebas dari utang dan menikmati biaya produksi yang jauh lebih rendah daripada standar industri minyak dunia. Pendapatan bruto Aramco selama 2017 sekitar USD 465,49 miliar (IDR 6.144 triliun menurut kurs waktu itu). Jika go public, nilai pasarnya akan berkisar USD 1,5 triliun dan USD 2 triliun (IDR 28.300 triliun), atau 3-4 X nilai pasar Bursa Efek Indonesia (BEI), sehingga menjadi perusahaan dengan nilai pasar yang tertinggi di dunia sepanjang sejarah.

(Sumber: Bloomberg: Anjungan Aramco di lepas pantai manila, Filipina)

Selebihnya

China, pemimpin keselamatan di bidang penerbangan sedunia

Oleh Tjan Sie Tek, 18 Maret 2019

Pemerintah China adalah  yang pertama di dunia dalam larangan terbang (grounding) pesawat Boeing 737 Max 8. Perusahaan-perusahaan penerbangan China memiliki total 96 buah pesawat jenis itu, nomor 1 terbanyak di dunia melebihi AS yang mengoperasikan 74 buah (www.cnbc.com, 13 Maret 2019). Jumlah keseluruhan pesawat Boeign 737 Max 8 adalah sekitar 350 dan jika ditambah dengan Boeign 737 Max 9 yang beroperasi di dunia: 371. (www.chicagotribune.com, 13 maret 2019).

Tindakan itu diambil kurang dari 20 jam setelah jatuhnya pesawat jenis itu yang diperasikan oleh Ethiopian Airlines, perusahaan penerbangan terbesar di Afrika. Sekarang puluhan negeri, Indonesia, Perancis, dan AS, sudah melarang terbang pesawat jenis itu. Selebihnya

Risiko adalah salah satu peluang bisnis

Oleh Tjan Sie Tek, CEO Center for New Indonesia & Business Mentor, 17 Februari 2019

A.      A. Asuransi untuk risiko serangan dan peretasan di dunia maya

Salah satu contohnya adalah risiko dari dan di dunia maya (cyber risk). Peretasan dan serangan di dunia maya semakin lama semakin berat dan sering.  Contoh: Tahun lalu, SingHealth, grup lembaga perawatan kesehatan yang terbesar di Singapura, mengalami pencurian data sekitar 1,5 juta orang data pasiennya, yang mencakup rincian obat-obat yang diberikan kepada sekitar 160.000 orang.  Tahun 2018, Chubb, sebuah perusahaan asuransi, meneliti 300 buah perusahaan UKM tahun lalu. Temuannya: tiga di antara lima UKM telah mengalami peretasan dan sehingga menimbulkan kekacauan (disrupsi) dan kebocoran data selama 12 bulan. Tetapi, mayoritas orang yang disurvei percaya bahwa perusahaan-perusahaan besar mengalami lebih banyak risiko serangan cyber daripada yang kecil.

Nah, kejadian-kejadian itu menunjukkan peluang usaha, salah satunya asuransi data perusahaan maupun pribadi. Di Singapura saja, asuransi terhadap kejahatan di dunia cyber masih pada tahap awal. Orang Indonesia yang terkenal kreatif pasti dapat memanfaatkannya!!!

B   B. CDS, Asuransi Risiko Investasi di pasar modal

Salah satu contohnya dikenal sebagai credit default swap (CDS), yaitu salah satu bentuk “asuransi” yang paling umum terhadap gagal bayar (default) atau peristiwa kredit lainnya sehubungan dengan obligasi pemerintah maupun swasta. CDS adalah satu derivatif (produk turunan) atau kontrak keuangan yang memungkinkan seorang investor yang memegang suatu obligasi untuk”menukar” risiko kreditnya dengan risiko kredit investor lain.  

Misalnya, tariff CDS obligasi RI yang bertenor 5 tahun saat ini adalah 110,595 point (atau 1,10595%) per tahun. Sebagai perbandingan, CDS untuk obligasi pemerintah China adalah 51,875 point (0,52875%) per tahun dan Yunani 405,52 point (4,0552%) per tahun.  Jadi, pemegang (investor A) obligasi pemerintah RI yang khawatir pemerintah RI akan mengalami default bisa bisa mencari investor lain (Investor B) untuk menjamin bahwa Investor B akan mengganti uang Investor A sebesar nilai obligasi jika terjadi default tersebut, dengan syarat Investor A membayar “asuransi” sebesar 1,10595% per tahun. Nah, Investor B bertindak sebagai “perusahaan asuransi” itu. Kontrak CDS biasanya berlaku sampai tanggal jatuh tempo obligasi yang bersangkutan. Kontraknya biasa menyebutkan bahwa Investor B akan juga membayar bunga-bunga yang gagal bayar untuk obligasi tersebut selama masa antara tanggal kontrak CDS dan tanggal jatuh tempo obligasi.

Catatan: Risiko tetap ada yaitu default dan/atau pailitnya Investor B (sebagai penjual CDS, atau "perusahaan asuransi"). Misalnya, Lehman Brothers dan Bear Stearns di AS pada tahun 2008 sehingga menimbulkan krisis kredit dan juga Resesi Besar.

Sebagian besar penerbit obligasi yang dijamin dengan hipotek perumahan, biasanya disebut sebagai mortgage-backed securities (MBS; Sekuritas Beragunan Hipotek), juga pailit. Tetapi, mayoritas penerbit obligasi dan surat utang yang lain , misalnya RI, tetap ada. Jadi, CDS mengurangi risiko kredit, tidak menghilangkannya.

Kontrak CDS diperdagangkan secara bebas, alias over-the-counter, sehingga tidak terlacak oleh regulator.

Di AS, Dinas Pengendali Mata Uang (OCC) memberikan ijin, mengatur dan mengawasi semua bank nasional dan lembaga simpan-pinjam di AS, yang juga mencakup cabang-cabang dan perwakilan bank asing yang diberi ijin oleh pemerintah Federal AS. OCC adalah salah satu biro independen yang didirikan berdasarkan UU Mata Uang Nasional AS tahun 1863 dan berada di bawah Departemen Keuangan AS. OCC menerbitkan laporan kuartalan tentang kontrak-kontrak derivatif kredit. Pada Juni 2018, OCC memperkirakan bahwa pasar total untuk kontrak-kontrak itu bernilai USD 4,2 triliun (sekitar 4 x GDP Indonesia), dengan CDS  menguasai USD 3,68 triliun.

Jadi, jika anda punya dana yang besar, anda bisa menjadi Investor B.

Utang mahasiswa/-i AS semakin menggunung dan  tunggakannya mencapai USD 166 miliar

17 Februari 2019

Per akhir 2018, utang sekitar 44,2 juta orang mahasiswa/-i (student loans) di AS sudah mendekati USD 1,46 triliun (IDR 20.440 triliun), terbesar sepanjang sejarah AS dan kemungkinan harus dihapus-bukukan, dengan tingkat tunggakan  dan macet antara 7,5% dan 11%.

Jadi, secara rata-rata, setiap mahasiswa/-i AS berutang sekitar USD 33.000 (IDR 462 juta). Karena itu, menurut penelusuran penulis, banyak sekali lulusan perguruan tinggi AS tidak mampu melunasi utang mereka walaupun mereka sudah lulus 5-10 tahun karena gaji mereka hanya naik 2-3% per tahun dan biaya hidup, cicilan mobil, kartu kredit, cicilan kredit rumah atau apartemen mereka semakin tinggi, apalagi selama 2 tahun terakhir ini the Fed (Bank Sentral defakto AS) terus-menerus menaikkan suku bunga dananya. selebihnya

Utang pemerintah AS lebih berisiko daripada yang China

16 Februari 2019

Utang pemerintah Federal AS semakin menggunung sehingga saat ini sudah mencapai USD 22 triliun (IDR 308.000 triliun), atau sekitar 107% GDP AS tahun 2018 (USD 20.66 triliun).

Ada sejumlah penyebabnya: Lebih besar pasak daripada tiang. Pemerintah Federal berutang semakin banyak, terutama sejak 2007-2008 dan sebagian besar untuk mengatasi kebangkrutan banyak sekali bank umum dan investasi AS, misalnya Lehman Brothers dan Bear Stern. Citibank pun dijadikan BUMN AS selama beberapa tahun. Anggaran militer AS adalah yang terbesar di dunia, yang sekitar USD 450-500 miliar per tahun sd tahun 2016 untuk menjadi “polisi dunia” sehingga memiliki lebih dari 700 pangkalan militer di seluruh dunia: Jepang, Korea Selatan, Eropa Barat, Afrika dll. Sejak 2017, pemerintahan Trump terus-menerus menaikkannya sehingga menjadi sekitar USD 770 miliar selama 2018 saja. Selain itu, pemerintahan Trump memotong pajak perusahaan AS dari 35% menjadi hanya 21% dan mengakibatkan deficit tambahan sekitar USD 1,5 triliun selama 10 tahun mendatang. Selebihnya

Selama tahun 2018 saja, deficitnya USD 1 triliun (IDR 14.000 triliun).

Pada 12 Desember 2018 Bloomberg melaporkan bahwa Donald Trump adalah presiden AS pertama yang harus menderita keadaan normal baru di mana China menjadi lebih layak dipercaya daripada AS, yaitu Amerika sekarang harus membayar lebih banyak untuk pinjam uang daripada China.

Sejak 2015, ketika the Fed mulai menaikkan suku bunga, beda antara surat-surat utang kedua negeri itu telah menyempit dan kemudian berbalik sehingga sekarang AS harus membayar yield (imbal-hasil) yang lebih tinggi daripada China ketika menjual surat utang yang berjangka satu tahun (T-bill). Itu terjadi untuk kali pertamanya pada November 2018 ketika beda (spread) antara obligasi 10 tahun China dan AS juga rontok sehingga menjadi hanya 45 basis point (0,45%), menurut data yang disusun oleh Bloomberg.

Tetapi, keunggulan historis itu, yang timbul berbarengan dengan penerapan aliansi multilateral yang telah membuat AS besar tetapi diremehkan oleh Trump, dapat hilang total ketika para investor kehilangan keyakinan dan kepercayaan penuh pada AS.

Ada empat bendera merah di dalam utang pemerintah AS: 1. Turunnya laju pertumbuhan ekonomi AS, 2. semakin menggunungnya utang pemerintah AS, 3. Semakin berkurangnya pendapatan Kementerian Keuangan AS yang disebabkan oleh pemotongan pajak, dan 4. Kebijakan the Fed yang menjaga suku bunga tetap jauh di atas rata-ratanya selama 10 tahun terakhir ini.  (IST)

BOE Technology Group, China, menjadi produsen panel LCD yang terbesar di dunia, menggeser LG Display, Korea Selatan

oleh Indra S.T, 14 Februari 2019

Harga sahamnya  naik di atas 30% selama 2 minggu Februari 2019 sehingga menjadi CNY 3,53 per lembar saat ini dan bernilai pasar CNY 121,85 miliar (sekitar IDR 256 triliun) di Bursa Efek Shenzhen (SZSE), China, menurut penelusuran lijusunews.com.

BOE Technology, produsen panel LCD yang terbesar di China, sekarang adalah yang terbesar di dunia karena selama 2017 membuat 54,3 juta buah panel untuk TV dan 37,3 juta panel lain untuk aneka gawai elektronik yang lain. LG Display membuat 48,6 juta panel LCD TV dan 34,5 juta untuk produk lainnya. Demikian laporan riset  Sigmaintell Consulting, Beijing, yang dikutip oleh Yicai Global.

Menurut penelusuran lijusunews.com, di Forbes 2018 Global: The World’s Best Employers 2000, Alphabet, induk Google, berperingkat satu dengan jumlah pegawai lebih dari 80.000 orang. BOE Technology Group berperingkat 229, dengan 62.516 orang pegawai per akhir 2017. (IST)

Belanda butuh ribuan perawat dari Indonesia:

- Kesempatan bekerja sebagai perawat atau care giver bagi pekerja migran Indonesia di Belanda terbuka luas. Pasalnya, saat ini Negeri Kincir Angin itu dilaporkan sedang membutuhkan perawat dalam jumlah besar karena meningkatnya penduduk usia tua.
 
 "Ini tentu menjadi peluang kerja baru bagi pekerja Indonesia untuk menjadi perawat di Belanda. Selama ini perawat kita lebih banyak bekerja ke Jepang dan Korea Selatan," kata Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri saat menerima Presiden Indonesia Diaspora Network, Ebed Litay, di Jakarta, Jumat (8/2/2019). 
 
 Sebagai langkah awal untuk menindaklanjuti tawaran tersebut, Hanif mengatakan pemerintah terus  menyiapkan kompetensi calon perawat melalui pelatihan di balai-balai latihan kerja milik Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).
 
 "Kami akan menyiapkan sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi perawat di sana melalui pelatihan di balai-balai latihan kerja yang kami miliki. Kita ingin terus meningkatkan jumlah pekerja formal di luar negeri," ujar Hanif.
 

Sementara itu, Ebed Litaay mengatakan, pada Mei 2019 akan dikirim 12 orang perawat asal Indonesia. Namun, jumlah itu masih sangat sedikit. Mengingat saat ini Belanda membutuhkan ribuan perawat untuk bekerja di panti jompo.
 
 “Untuk  tahap pertama akan berangkat 12 orang ke Belanda pada bulan Mei. Kita bicara dengan Bapak Menteri untuk menambah lagi karena 12 orang masih terlalu sedikit," ungkap Ebed.
 
 Sebagaimana negara-negara Eropa pada umumnya, Belanda sangat membutuhkan perawat karena di sana sedang mengalami penurunan populasi usia produktif. Kebutuhan perawat di Belanda diprediksi sekitar 110 ribu orang.
 
 "Kita sudah menghubungi rumah sakit, asuransi, dan kementerian terkait di Belanda untuk mengetahui jumlah pasti kebutuhan akan perawat lansia di sana," tutur Ebed.
 
 Menurut Ebed, bekerja menjadi perawat di Belanda sangat menjanjikan dari sisi penghasilan. Pekerja di Belanda paling rendah dibayar sekitar 25-30 juta per bulan. 
 
 "Gaji perawat saya tidak tahu pasti tapi minimum gaji di Belanda itu 1500 euro atau sekitar 25-30 juta rupiah. Kalau perawat pasti lebih tinggi," ucap Ebed.

link berita:nk:

http://kemnaker.go.id/berita/berita-naker/belanda-butuh-ribuan-perawat-dari-indonesia-gajinya-sekitar-25-juta-per-bulan

 

Penduduk kota yang kaya juga paling

 

kurang bahagia

 

  Teflon Thailand  (Si Kebal Thailand; Thailand yang

  Kebal)  & the Smiling Nation (Bangsa yang Suka

  Senyum)

 

China dan Israel kerja sama dalam teknologi

dan Inovasi

Oleh Rahmat & Indra S.T, 13 Februari 2019

Kedua buah negeri sudah lama sekali punya hubungan dagang dll.

Dalam sejarah China dan Israel tercatat bahwa selama Perang Dunia II, puluhan ribu orang Yahudi Jerman masuk ke konsulat dan kedutaan besar China di Jerman untuk menyelamatkan diri. Kedutaan besar China mengirimkan mereka ke China, terutama Kota Shanghai. Sebagian besar pergi ke Israel ketika ketika baru saja didirikan. Sebagian lainnya menetap di Shanghai.

Sekarang di Shanghai kita bisa temukan pemukiman Yahudi dan ribuan di antara mereka menjadi WN China.

Sejak sekitar 10 tahun lalu sejumlah perusahaan China membeli perusahaan-perusahaan teknologi tinggi Israel dan mendirikan pusat-pusat riset maupun cabang di sana.

Hubungan itu semakin kuat. Contohnya, selama 2-5 Juli 2018, di Zhuhai, Provinsi Guangdong, China Bagian Selatan,  diadakan Pertemuan Puncak Investasi China-Israel.

Lebih dari 2.000 buah perusahaan China dan Israel hadir di sana.

Selain presentasi keliling (road show), ada sejumlah forum tentang aneka topic misalnya manufaktur cerdas, ekonomi digital, kota cerdas, biomedicine

(cabang ilmu kedokteran yang menerapkan prinsip-rpinsip biologi dan

fisiologi pada praktik klinis; biomedicine terutama berlaku bagi biologi dan

fisiologi; ilmu kedokteran yang mempelajari akibat-akibat tekanan lingkungan

pada manusia, terutama sehubungan dengan penerbangan di luar angkasa;

ilmu pengobatan herbal) dan hak kekayaan intelektual.

Sebuah paten untuk metode deteksi neuropati yang dipegang oleh Universitas Tel Aviv dilelang seharga CNY 330.000 (sekitar IDR 730 juta) selama acara itu.

Transaksi itu dibuat melalui Wahana Perdagangan IP Inovasi Teknologi China-Israel yang baru diluncurkan. Wahana itu, yang pertama jenisnya di China, bertujuan mempermudah pengalihan teknologi di antara kedua negeri. Keempat buah paten pertama yang diperdagangkan semuanya dipegang oleh Universitas Tel Aviv.

Israel adalah salah satu di antara partner perdagangan China yang utama di Timur Tengah sedangkan China adalah partner dagang terbesar Israel di Asia dan partner dagang Israel yang terbesar ketiga di dunia. Tahun 2017, volume dagang di antara kedua negeri itu mencapai USD 13.12 miliar, naik sebesar 15,6 persen secara tahun ke tahun.

China dan Israel mengumumkan sebuah kemitraan luas yang inovatif pada Maret 2017. Menteri Israel untuk Kerja Sama Wilayah Asia, Tzachi Hanegbi, berkata bahwa kedua negeri menganggap penting sekali inovasi teknologi.

“Saya berharap bahwa lebih banyak perusahaan Israel akan datang ke China untuk menemukan mitra di masa depan dan mencapai perkembangan yang saling menguntungkan dan win-win.”

Kerja sama China dan Israel dalam inovasi teknologi sangat saling melengkapi, kata Zhao Dongliang, direktur Taman Inovasi Changzhou Israel, zona experimental pertama untuk kerja sama inovasi yang dibentuk oleh kedua negeri.

Artikel-artikel di kompasiana.com:a

1.Belajar Bisnis Properti dari BUMD China: Greenland Group, Shanghai, https://www.kompasiana.com/tjansietek/5c04f64243322f09d2666c55/

belajar-bisnis-dari-bumd-china-greenland-holdings-shanghai?page=all

((Sumber: Greenland Australia, Greenland Centre Sydney)

2. Prospek Rupiah versus Baht dan Ringgit berdasarkan NIIP, Cadangan

Forex dan Utang LN ...:: https://www.kompasiana.com/tjansietek/5ac97fd3cf01b451823a4dd2/prospek

-rupiah-terhadap-baht-dan-ringgit-berdasarkan-niip-cadangan-forex-dan-utang-ln?page=all

 

    (Sumber: Bloomberg: Diagram Kurs Baht/IDR selama 5 tahun terakhir ini)

   (Sumber: Bloomberg: Diagram Kurs Tuhar MYR/IDR selama 5 tahun terakhir ini)

3. Prospek Dolar dan Rupiah terhadap Yuan (RMB):

https://www.kompasiana.com/tjansietek/5a768b2bf133446a472d9b22/

prospek-dolar-as-rupiah-versus-yuan-rmb?page=all

4. Pentingnya Spesialisasi bagi Bangsa, Perusahan dan Individu dll

5. DLL

A. Inspirasi untuk Indonesia

- Inspirasi untuk Kurangi Kemiskinan dan Pengangguran di

Indonesia

-

- Airport Kota Penting harus Punya

 

  2 Runway

 

- Peluang Ekspor Produk Pertanian

 

  ke China

 

- CPO dan Turunannya adalah

 

  Industri Kini dan masa Depan

 

  Indonesia

 

- Peluang Bisnis Besar: 120 juta

 

  Turis China di Dunia &

 

   Habiskan USD 240 miliar tahun

 

   2015

 

-- Inspirasi Nasional (1):

 

   Pragmatisme, Reformasi

 

   Birokrasi

  

   dan Peran PMA, Kunci Sukses Awal

 

    Ekonomi China

 

- Proposal Tahun Diskon 10%

 

   untuk NKRI 2018

 

- Daftar DER Perusahaan-Perusahaan

 

  Penopang IHSG per 30-

 

   6-2015

f

 -Perbandingan Kinerja Indofood

 

   Sukses Makmur & Indofood

 

    CBP per 30-6-2015

 

  - Faktor-Faktor Penyebab

 

    Depresiasi Rupiah & Turunnya

 

    IHSG

   

     dan Solusinya

  

- CPO & Turunannya adalah Industri

 

   Kini & Masa Depan Indonesia

 

 - Prediksi Nilai Tukar IDR: USD,

 

   Jangka Pendek, Sedang dan 

   

   Panjang

  

- Himbauan kepada Pemerintah &

 

  Bangsa Indonesia

 

- Membeli Kebun Sawit (1): Yang

 

   perlu diperhatikan
e.

 

English

 

1. Methods for Oil Palm Business

  

    Acquisitions

 

2. Proposed Global Supergrid from 

 

    State Grid Corporation, China

                     

                                    
Comment on this article

 Back to top

  Agriculture

 

Technology

 

Industries

 About us

 

Dijual: koin kuno Belanda asli, koleksi pribadi 1856-1899-1902-1920-1945:

1, 1857: depan

Belakang

2. 1945: Depan

Belakang:

Silakan hubungi:

0813 8667 6868

 

 
 

 

Copyright (c) @ 2019 www.lijusu.com All rights reserved.

Design by Company Webmaster