Columns by

      *Tjan Sie Tek

     *Bayu  *Rahmat

     *Safriyansah *Yanto Koh

 

 

 
 
 
         

 

education

 

careers 

 

peluang  

 

usaha

 

economy

 

health

 

bimbingan

 

usaha

 

 

finance

 

interviews

 

news          

 

science-

 

tech

 

 

         
 

 

Education & Training

 

IQ tinggi bukan jaminan sukses

oleh Indra S.T. & Bayu S., 1 April 2019

1. IQ      1. IQ tinggi penting tetapi bukan segala-galanya.

kare        Potensi dan keberadaan sesungguhnya kecerdasan lain milik seseorang umumnya tidak terdeteksi

                oleh tes IQ, misalnya:

i.            Kecerdasan emosional (EI: EQ));

ii.           Kecerdasan spiritual (SI; SpQ),

iii.         Kecerdasan kasih-sayang (LI; LQ);

iv.         Kecerdasan social (ScI; ScQ);

v.          Kecerdasan kebahagiaan (HI; HQ);

vi.         Pengalaman;

vii.       Pengetahuan praktis;;

viii.      Kreativitas;

ix.         Imajinasi;

x.          Dll.

2. IQ tinggi bukan jaminan sukses

Selebihnya

Empat Sebab Kanker Paru-Paru bagi Non-perokok

Oleh Rahmat, 19 Maret 2019

Jika anda tidak merokok, anda mungkin berpikir bahwa anda aman dari ancaman ketika berkenaan dengan kanker paru-paru yaitu, kanker pembunuh nomor satu di AS. Sayangnya, itu adalah sebuah mitos yang sangat mungkin akan mematikan karena penelitian-penelitian menunjukkan bahwa jumlah non- perokok yang mengalami kanker paru-paru sedang terus meningkat. Selebihnya

Belajar Cara Hidup & Bisnis Unik dari Steve Jobs, mantan pendiri & CEO Apple Computer & Pixar Animation Studios, AS

oleh Safriansyah, diambil dari pidato Steve Jobs di acara wisuda Universitas Stanford, AS, 12 Juni 2005 , Fortune 5 September 2005

Steve Jobs DO dari Reed College setelah semester pertama tetapi tetap ikut mengikuti mata-mata kuliah yang ia sukai dengan status drop-in (mampir mendadak) selama sekitar 18 bulan sebelum benar-benar keluar.

Latar belakang & penyebab DO menurut perkataan Steve Jobs sendiri:

Ibu kandung saya adalah mahasiswi S2 muda yang hamil di luar nikah.  Ibu saya bertekad bahwa saya harus diadopsi oleh lulusan universitas. Maka, saya pun diperjanjikan untuk dipungut anak sejak lahir oleh  seorang pengacara dan isterinya. Sayangnya, begitu saya lahir, tiba-tiba mereka berubah pikiran karena mereka sebenarnya ingin bayi perempuan. Maka, orangtua saya yang sekarang, yang pada saat itu ada di daftar tunggu, mendapatkan telepon di tengah malam dari seseorang yang bertanya,” Kami punya bayi laki-laki yang tidak diperkirakan. Apakah anda berminat?” Mereka menjawab,”Tentu saja.” Lalu, ibu kandung saya mengetahui bahwa ibu angkat saya tidak pernah lulus kuliah dan ayah angkat saya bahkan belum tamat SMU. Dia menolak menandatangani dokumen-dokumen adopsi yang final. Sikapnya baru melunak beberapa bulan kemudian setelah orangtua saya “berjanji akan menyekolahkan saya sampai perguruan tinggi.”

Selebihnya

 

Terbongkar: Skandal terbesar penerimaan mahasiswa di

AS: 50 orang selebritis Hollywood, actor, aktris hartawan,

profesor, pelatih olahraga dll digugat oleh para jaksa

pemerintah AS.

Oleh Indra S.T, 13 Maret 2019

New York Times (NYT) hari ini memberitakan bahwa kemarin (Selasa) bahwa para jaksa di enam negeri bagian AS mengajukan gugatan pidana penipuan dan persekongkolan terhadap 33 orang AS: actor dan aktris film, dokter, professor, investor, pemilik perusahaan besar dll karena telah menyuap dan menyogok serta bersekongkol dengan para pelatih olahraga untuk membuat surat-surat keterangan dan sertifikat palsu tentang prestasi dan kegiatan olahraga anak-anak 33 orang tajir itu. Selain itu, para jaksa AS itu juga menggugat sejumlah pengawas ujian masuk dan joki yang bersekongkol dengan 33 orang itu agar anak-anak mereka  lolos ujian masuk universitas-universitas paling top di AS.  Biangnya yang juga digugat: WS, pemilik perusahaan persiapan masuk perguruan tinggi yang mengatur skandal itu. Dia diduga telah menerima sekitar USD 25 juta (Rp 355 miliar) antara tahun 2011 dan Februari 2019.

Menurut NYT, contoh persekongkolan dan penipuan:

1.   1. Seorang gadis remaja yang tidak pernah bermain soccer (sepak bola gaya AS) secara ajaib menjadi seorang bintang tim soccer di sebuah universitas top. Biaya yang dikeluarkan oleh ortunya: USD 1,2 juta (sekitar Rp 17 miliar).

2.   2. Seorang siswa SMU yang sangat ingin mendaftarkan diri di sebuah universitas top lainnya dipalsukan datanya sehingga ia dianggap mengalami kesulitan atau gangguan belajar sedemikian rupa sehingga dia dapat mengikuti uji standar bersama-sama dengan seorang pengawas ujian yang merangkap kaki-tangan ortunya yang akan memastikan bahwa siswa itu mendapatkan angka yang tepat. Biaya yang dikeluarkan oleh ortunya: USD 50.000.  

3.   3. Seorang siswa lainnya yang tanpa pengalaman mendayung perahu sama sekali mendapatkan kursi di tim dayung universitas top  setelah sebuah foto orang lain yang sedang ada di sebuah perahu diajukan sebagai salah satu bukti “keahlian siswa itu.” Biaya: USD 200.000 (Rp 2,84 miliar) yang ditransfer ke sebuah rekening khusus.

Skandal itu adalah gugatan terbesar yang pernah diajukan oleh Departemen Kehakiman AS tentang penerimaan mahasiswa/-i baru di perguruan tinggi AS. Penyelidikan  itu luas sekali sehingga melibatkan 200 orang agen/detektif/petugas hukum pemerintah federal AS.

“Orang-orang tua itu adalah para penggerak utama penipuan ini, “ kata Andrew E. Leiting, pengacara pemerintah AS untuk Daerah Massachusetts.

Semoga hal ini tidak terjadi di Indonesia. (IST) 

Kecerdasan orang kadang tidak terlihat selama usia dini

Oleh Bayu S., 8 Maret 2019

mobile version: kecerdasan orang

1.   Charles Darwin dan bukti salah satu kelemahan tes IQ

Di bagian Pendahuluan buku  “The Origin of Species” (1859), James Wallace, ilmuwan besar Inggeris yang juga teman baik Charles Robert Darwin, yang lebih dikenal sebagai Charles Darwin, menulis bahwa Charles Darwin pada masa mudanya tidak menunjukkan kemungkinan bahwa ia akan menjadi ilmuwan yang revolusioner nantinya. Di SMU Shrewbury, Inggeris, dia secara relatif tidak berbeda dari murid-murid lainnya. Lalu, dia dikirim oleh ayahnya, yang seorang dokter kaya raya,  ke Universitas Edinburg untuk belajar ilmu kedokteran. Tetapi, kemajuan akademisnya tidak seperti yang diharapkan oleh ayahnya karena ia terlihat “mengambang” sehingga dua tahun kemudian ayahnya memindahkannya ke Universitas Cambridge untuk belajar teologi Gereja Inggeris. Tetapi, pada saat itu Charles Darwin kelihatan lebih melakat pada olahraga lapangan daripada kuliah teologinya.

Namun, selama di Universitas Edinburg, Charles Darwin adalah anggota The Plinian Society (Himpunan Plinia) yang dipimpin oleh para mahasiswa/-i. Di himpunan yang sering mengadakan debat yang radikal tentang materialism (falsafah bahwa benda atau materi adalah realita satu-satunya), dia sangat dipengaruhi oleh Robert Grant, seorang pemikir aliran evolusi dan ahli hewan laut tanpa tulang belakang (invertebrate), yang Charles Darwin dampingi selama kunjungan-kunjungan lapangan dan meniru kegiatan Robert Grant melalui penelitian maupun pengamatan coba-coba awal tentang spons.

Catatan: Himpunan itu akhirnya tutup pada tahun 1841 (www.en.wikipedia.org/wiki/Plinian_Society).

Majalah National Geographic (May 2017:42) juga melaporkan bahwa Charles Darwin ingat bahwa dia dipandang “sebagai bocah yang sangat biasa, agak di bawah standar umum kecerdasan.” Tetapi, ketika dewasa, dia menyelesaikan misteri tentang bagaimana keaneka-ragaman makhluk hidup yang indah ini terjadi. 

Jadi, terobosan-terobosan ilmiah seperti teori evolusi Darwin melalui seleksi alamiah tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya kreativitis, yaitu salah satu jenis kejeniusan yang tidak dapat diukur oleh tes IQ buatan Lewis Terman itu.

2. Albert Einstein tidak bisa bicara dengan lancar sampai umur 9 tahun

Selebihnya

Otak kita adalah pembelajar, selalu mengubah dirinya dan tidak pernah beristirahat

oleh Tjan Sie Tek, 7 Maret  2019

Majalah National Geographic (A User's Guide, revised and updated, 2018:21: the learning brain) melaporkan bahwa otak kita terus-menerus menyusun ulang atau mengubah jaringan kerja dirinya, untuk menjadi organ yang secara fisik berbeda dari apa dirinya pada saat sebelumnya. Karena tidak pernah beristirahat, ia mengolah dengan cepat dan terus-menerus pengalaman-pengalaman baru kita setiap hari sehingga menggabungkannya ke dalam jaringan kerja penyimpanan informasinya dan mengenyampingkan informasi yang lain. Pembentukan ingatan-ingatan menghasilkan identitas pribadi dan sosial. Ketika penyakit dan kekacauan merampas kemampuan mengingat dan bahasa kita dari otak, kedua hal itu menghilangkan apa yang menjadikan setiap orang unik.

 

Selebihnya

 

Utang mahasiswa/-i AS semakin menggunung dan  tunggakannya mencapai USD 166 miliar (IDR 2.324 triliun)

oleh Indra S.T. 

Per akhir 2018, utang sekitar 44,2 juta orang mahasiswa/-i (student loans) di AS sudah mendekati USD 1,46 triliun (IDR 20.440 triliun), terbesar sepanjang sejarah AS dan kemungkinan harus dihapus-bukukan, dengan tingkat tunggakan  dan macet antara 7,5% dan 11%.

Untuk data per akhir 2017, lihat diagram perbandingan di bawah ini berdasarkan generasi:

Jadi, per akhir 2018, secara rata-rata, setiap mahasiswa/-i AS berutang sekitar USD 33.000 (IDR 462 juta). Karena itu, menurut penelusuran penulis, banyak sekali lulusan perguruan tinggi AS tidak mampu melunasi utang mereka walaupun mereka sudah lulus 5-10 tahun karena gaji mereka hanya naik 2-3% per tahun dan biaya hidup, cicilan mobil, kartu kredit, cicilan kredit rumah atau apartemen mereka semakin tinggi, apalagi selama 2 tahun terakhir ini the Fed (Bank Sentral defakto AS) terus-menerus menaikkan suku bunga dananya.

Pada 16 Februari 2019, Bloomberg melaporkan bahwa persentasenya tetap sekitar 11% sejak pertengahan 2012, tetapi jumlahnya mencapai USD 166 miliar (IDR 2.324 triliun), (atau sekitar 104% dari APBN Indonesia untuk tahun 2018, atau sekitar 16% GDP Indonesia selama  tahun 2018, sebuah rekor tunggakan selama sejarah utang mereka. Sebagian besar kenaikan angka itu terjadi karena biaya kuliah semakin tinggi di AS.%

 Tidak memukul ekonomi AS sebesar utang hipotek  perumahan  2007-2008

 Sebagian besar utang di atas ditanggung oleh pemerintah Federal AS sehingga diperkirakan tidak merugikan ekonomi AS seperti krisi utang hipotek perumahan selama 2007-2008, yang menimbulkan Resesi Besar dan kebangkrutan banyak sekali bank umum dan bank investasi, misalnya Lehman Brothers dan Bear Stern. Tetapi, tunggakan dan kemacetan utang di atas akan menambah besar defisit pemerintah Federal AS jika utang itu tidak dibayar kembali oleh yang berutang.

Menurut catatan penulis, saat ini jumlah utang pemerintah Federal AS sudah mencapai USD 22 triliun, atau sekitar 106% dari GDP AS tahun 2018 sekitar USD 20,66 triliun. Defisit APBN AS  sekitar USD 1 triliun selama 2018. (IST)

Sekilas tentang STAB Nalanda (versi video percobaan)

 

Penduduk kota yang kaya juga paling

 

kurang bahagia

 

Program Eksekutif:

No alt text provided for this image

News:

Belanda butuh ribuan perawat dari Indonesia:

- Kesempatan bekerja sebagai perawat atau care giver bagi pekerja migran Indonesia di Belanda terbuka luas. Pasalnya, saat ini Negeri Kincir Angin itu dilaporkan sedang membutuhkan perawat dalam jumlah besar karena meningkatnya penduduk usia tua.
 
 "Ini tentu menjadi peluang kerja baru bagi pekerja Indonesia untuk menjadi perawat di Belanda. Selama ini perawat kita lebih banyak bekerja ke Jepang dan Korea Selatan," kata Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri saat menerima Presiden Indonesia Diaspora Network, Ebed Litay, di Jakarta, Jumat (8/2/2019). 
 
 Sebagai langkah awal untuk menindaklanjuti tawaran tersebut, Hanif mengatakan pemerintah terus  menyiapkan kompetensi calon perawat melalui pelatihan di balai-balai latihan kerja milik Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).
 
 "Kami akan menyiapkan sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi perawat di sana melalui pelatihan di balai-balai latihan kerja yang kami miliki. Kita ingin terus meningkatkan jumlah pekerja formal di luar negeri," ujar Hanif.


 Sementara itu, Ebed Litaay mengatakan, pada Mei 2019 akan dikirim 12 orang perawat asal Indonesia. Namun, jumlah itu masih sangat sedikit. Mengingat saat ini Belanda membutuhkan ribuan perawat untuk bekerja di panti jompo.
 
 “Untuk  tahap pertama akan berangkat 12 orang ke Belanda pada bulan Mei. Kita bicara dengan Bapak Menteri untuk menambah lagi karena 12 orang masih terlalu sedikit," ungkap Ebed.
 
 Sebagaimana negara-negara Eropa pada umumnya, Belanda sangat membutuhkan perawat karena di sana sedang mengalami penurunan populasi usia produktif. Kebutuhan perawat di Belanda diprediksi sekitar 110 ribu orang.
 
 "Kita sudah menghubungi rumah sakit, asuransi, dan kementerian terkait di Belanda untuk mengetahui jumlah pasti kebutuhan akan perawat lansia di sana," tutur Ebed.
 
 Menurut Ebed, bekerja menjadi perawat di Belanda sangat menjanjikan dari sisi penghasilan. Pekerja di Belanda paling rendah dibayar sekitar 25-30 juta per bulan. 
 
 "Gaji perawat saya tidak tahu pasti tapi minimum gaji di Belanda itu 1500 euro atau sekitar 25-30 juta rupiah. Kalau perawat pasti lebih tinggi," ucap Ebed.

link berita:nk:

http://kemnaker.go.id/berita/berita-naker/belanda-butuh-ribuan-perawat-dari-indonesia-gajinya-sekitar-25-juta-per-bulan

No alt text provided for this image

 

Analysis & news by

A. Tjan Sie Tek

I. di kompasiana/tjansietek

1. Rahasia Sukses Pendidikan di 

   Singapura, Korea dan Finlandia

2. Pentingnya Spesialisasi bagi

   Bangsa, Perusahaan, Individu dll.

3. Zhang-yaqin, jenius teknologi

   yang Dirut Baidu, inc

4. Pengalamanku untuk  berhenti

   merokok secara total

5. Salah satu Kunci Sukses

   Pendidikan di Denmark

6. Peran Besar Buddhisme Zen dalam 

   Sukses Bisnis Orang Jepang

7. Dll.

 

Logo-BKPB

 

BKPB JAKARTA

Badan Koordinasi

Pendidikan Buddhis

Pendaftaran siswa & mahasiswa baru di

sekolah-sekolah Buddhis dan perguruan-perguruan tinggi agama Buddha  untuk tahun Akademik 2019-2020

Silakan klik iklan ini

 

 

 

  Latest news

 Back to top

Travel

Sworn Translators

Translators Training

 Kata mutiara

About us

 

 

'What's the essence of knowledge? It's to have it and, then, apply it.'              Confucius

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Copyright (c) @ 2019 www.lijusu.com All rights reserved.

Design by Company Webmaster